RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SATUAN PENDIDIKAN : SDN 1 BARISAN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : VI (ENAM) / II (DUA)
ALOKASI WAKTU : 2 X 35 MENIT
A.
STANDAR KOMPETENSI
6. Menggunakan sistem
koordinat dalam pemecahan masalah
B.
KOMPETENSI DASAR
6.3. Menentukan posisi titik
dalam sistem koordinasi Kartesius
C. INDIKATOR
6.3.1
Menentukan letak titik pada sistem koordinat
6.3.2
Menggambar bangun datar pada bidang koordinat
6.3.3
Menentukan
luas daerah bangun datar pada bidang koordinat
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Melalui kegiatan tanya jawab, siswa
dapat menentukan letak titik
pada sistem koordinat dengan benar.
2. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menggambar bangun datar pada bidang
koordinat dengan benar.
3. Melalui kegiatan diskusi, siswa dapat menentukan
luas daerah bangun datar pada bidang koordinat dengan benar.
v Karakter yang di harapkan: Disiplin, Tanggung
Jawab, Kerjasama, Keberanian, Religius, Percaya Diri, Tekun.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Bidang Koordinat Cartesius
1. Menentukan Letak Titik pada Sistem
Koordinat Cartesius
Pada
sistem koordinat Cartesius terdapat dua garis berpotongan tegak lurus. Garis
mendatar disebut sumbu X (absis). Garis tegak disebut sumbu Y (ordinat). Letak
suatu titik diwakili oleh koordinat, yaitu sepasang bilangan (x, y).
2. Menggambar Bangun Datar Pada Bidang
Koordinat
Gambar titik A(2,2), B(7,2), C(7,7) dan D(2,7).
Kemudian hubungkan titik A,B,C dan D dengan garis.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Bangun yang terbentuk adalah bangun datar persegi.
Luas dari bangun ini adalah panjang AB = BC = CD =DA = 5 satuan panjang. Jadi
luas daerah persegi ABCD = s x s
=
5 x 5
=
25 satuan luas
F. MEDIA,
ALAT DAN SUMBER BELAJAR
Media : Gambar Koordinat
Alat Peraga : Buku streming, penggaris, pensil,
pulpen dan penghapus
Sumber Belajar : - Buku Paket Gemar Matematika untuk
Kelas VI SD/MI.
Y.D.
Sumanto, Heny Kusumawati dan Nur Aksin.
Jakarta
: Pusat perbukuan Departemen Pendidikan
Nasional.
2008. Halaman 123-127.
- Buku Paket Bersahabat dengan Matematika
untuk Kelas VI SD/MI. A. Dadi Permana dan Triyati. Bandung : Pusat perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Halaman 105
G. MODEL/PENDEKATAN
DAN METODE PEMBELAJARAN
Model/Pendekatan : Inquiri
Metode Pembelajaran : Ceramah, Tanya Jawab, Diskusi
H.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal (± 10 menit)
a. Membiasakan mengucap salam pada awal
masuk kelas. (Religius dan Disiplin)
b. Siswa diarahkan pada situasi belajar
yang kondusif dan berdo’a sebelum belajar. (Religius dan Disiplin)
c. Guru mengabsen siswa. (Disiplin)
d. Guru mengadakan apersepsi melalui tanya
jawab yang mengarah pada pembelajaran yang akan disampaikan. (Tanggung Jawab)
e. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
yang akan dilaksanakan. (Tanggung Jawab)
2. Kegiatan Inti (± 45 menit)
a. Eksplorasi
·
Guru
menanyakan kepada siswa tentang hal-hal seputar materi pembelajaran yaitu
tentang bidang koordinat cartesius.
(Tanggung Jawab)
·
Guru menjelaskan seputar materi pembelajaran yaitu
tentang bidang koordinat cartesius. (Tanggung Jawab)
·
Guru bersama siswa bertanya jawab mengenai bidang
koordinat cartesius. (Tanggung Jawab)
·
Siswa
membentuk kelompok dengan bimbingan guru menjadi 5 kelompok. (Tanggung Jawab)
·
Guru
membagikan lembar kerja kelompok. (Tanggung Jawab)
·
Guru
menjelaskan langkah-langkah dalam menjawab lembar kerja kelompok. (Tanggung
Jawab)
·
Guru
memerintahkan siswa untuk mengerjakan lembar kerja kelompok. (Displin, Percaya
Diri)
b. Elaborasi
·
Guru
membimbing siswa saat menjawab lembar kerja kelompok. (Disiplin)
·
Guru
mengontrol siswa saat mengerjakan lembar kerja kelompok. (Disiplin, Tekun,
Kerjasama)
·
Guru
memerintahkan perwakilan dari setiap kelompok untuk membacakan hasil lembar
kerja kelompok. (Displin, Percaya Diri)
c. Konfirmasi
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran. (Tanggung Jawab)
·
Guru
menanyakan hal-hal yang belum di mengerti siswa seputar materi pembelajaran.
(Tanggung Jawab)
·
Guru
meluruskan kesalahan pemahaman tantang hal-hal yang belum di ketahui siswa.
(Tanggung Jawab)
3. Kegiatan Akhir (± 15 menit)
a. Guru menyimpulkan hasil pembelajaran.
(Tanggung Jawab)
b. Memberikan penguatan kepada siswa.
(Tanggung Jawab)
c. Mengondisikan siswa untuk mengakhiri
pembelajaran. (Disiplin)
d. Mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a.
(Disiplin dan Religius)
I.
EVALUASI
1. Prosedur Tes : Evaluasi Proses dan Evaluasi Akhir
Ø Evaluasi Proses
Melalui penilaian aktivitas siswa saat
mengerjakan soal lembar kerja kelompok tentang bidang koordinat cartesius.
BENTUK
EVALUASI PROSES
LEMBAR KERJA KELOMPOK
NAMA KELOMPOK :
KETUA KELOMPOK :
ANGGOTA : 1.
2.
3.
4.
KELAS :
A.
Tujuan Kerja Kelompok
-
Menentukan letak titik pada sistem koordinat
-
Menggambar bangun datar pada bidang koordinat
-
Menentukan
luas daerah bangun datar pada bidang koordinat
B.
Alat dan Bahan
-
Lembar
kerja diskusi kelompok
-
1
buah Penggaris plastik ukuran 30 cm
-
1
buah Pensil, pulpen, penghapus dan buku streming
C.
Langkah-langkah kegiatan
1. Tentukan ketua kelompok untuk mencatat
hasil kerja kelompok
2. Lakukan secara berkelompok. Menentukan letak titik pada sistem
koordinat, menggambar bangun datar pada bidang koordinat dan menentukan
luas daerah bangun datar pada bidang koordinat
D.
Kegiatan Menjawab
1. a. Gambarlah titik P(-7,2), Q(-3,2), R
(-3,-2) dan S(-7,-2) pada bidang
koordinat cartesius.
b.
Hubungkan garis dari titik P,Q,R dan S. Bangun apakah yang
terbentuk?
c. Tentukan luas daerah bangun PQRS.
2. a.
Gambarlah titik A(2,2), B(7,2), C(7,5) dan D(2,5) pada bidang
koordinat cartesius.
b.
Hubungkan garis dari titik A,B,C dan D.
Bangun apakah yang
terbentuk?
c. Tentukan luas daerah bangun ABCD.
2.
PENILAIAN
INDIKATOR
|
TEKNIK PENILAIAN
|
BENTUK INSTRUMEN
|
CONTOH INSTRUMEN
|
-
Menentukan letak titik pada sistem
koordinat
-
Menggambar bangun datar pada bidang
koordinat
-
Menentukan
luas daerah bangun datar pada bidang koordinat
|
Tertulis
|
Isian
|
Terlampir
|
Lembar Penilaian Performen
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang
diamati
|
Jumlah skor
|
Interpretasi
|
||||||||||||||
Keaktifan
|
pemahaman
|
ketepatan
|
||||||||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
B
|
C
|
K
|
|||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Presentase
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Keterangan :
A.
Deskripsi aktivitas
siswa pada proses kegiatan pembelajaran Matematika Bidang Koordinat Cartesius
1.
Aspek
keaktifan
a) Antusias selama kegiatan belajar
b) Keikutsertaan selama kegiatan belajar mengajar
c) Mengajukan pertanyaan atau saran
2.
Pemahaman
a) Menentukan letak titik
pada sistem koordinat
b) Menggambar bangun datar
pada bidang koordinat
c) Menentukan luas daerah bangun datar pada
bidang koordinat
3.
Ketepatan
a) Mampu menjawab soal dengan benar dan tepat.
b) Mampu menjawab soal dengan benar dan kurang tepat .
c) Mampu menjawab soal namun salah.
B.
Nilai :
3 : Apabila semua indikator dilaksanakan
2 :
Apabila hanya dua indikator yang dilaksanakan
1 :
Apabila hanya satu indikator yang dilaksanakan
C.
Skor
ideal : 3 X 3 = 9
D.
Kriteria
interpestasi
1 – 3 = kurang ( K)
4 – 6 = Cukup ( C )
7 – 9 = Baik ( B )
E.
Presentase = jumlah siswa
pemeroleh skor x 100
Jumlah siswa keseluruhan
LEMBAR
PENGAMATAN KERJA KELOMPOK
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : VI (Enam) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 15 Menit
No.
|
Aspek
Pengamatan
|
Nama
Kelompok
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Tanggung jawab
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kedisiplinan
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Toleransi
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Curah pendapat
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Kerapihan
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Kebersihan
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Kreatifitas
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Pengambilan keputasan
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai Akhir
|
|
|
|
|
|
|
Barisan, 16 Maret
2015
Mengetahui
Guru Pamong Praktikan
SRI
HARYATI, S.Pd _____________________
NIP.19620113
198204 2 006 NIM.
Dosen
Pembimbing Lapangan (DPL) Kepala
Sekolah SDN 1 Barisan
_______________________________ SUSY
SUSWATI APRILIA, S.Pd
NIP.
19650417 198508 2 001
MEDIA DAN ALAT PERAGA
LEMBAR KERJA KELOMPOK
NAMA KELOMPOK :
KETUA KELOMPOK :
ANGGOTA : 1.
2.
3.
4.
KELAS :
A.
Tujuan Kerja Kelompok
-
Menentukan letak titik pada sistem koordinat
-
Menggambar bangun datar pada bidang koordinat
-
Menentukan
luas daerah bangun datar pada bidang koordinat
B.
Alat dan Bahan
-
Lembar
kerja diskusi kelompok
-
1
buah Penggaris plastik ukuran 30 cm
-
1
buah Pensil, pulpen, penghapus dan buku streming
C.
Langkah-langkah kegiatan
1. Tentukan ketua kelompok untuk mencatat
hasil kerja kelompok
2. Lakukan secara berkelompok. Menentukan letak titik pada sistem
koordinat, menggambar bangun datar pada bidang koordinat dan menentukan
luas daerah bangun datar pada bidang koordinat
D.
Kegiatan Menjawab
1. a. Gambarlah titik P(-7,2), Q(-3,2), R
(-3,-2) dan S(-7,-2) pada bidang
koordinat cartesius.
b.
Hubungkan garis dari titik P,Q,R dan S. Bangun apakah yang
terbentuk?
c. Tentukan luas daerah bangun PQRS.
2. a.
Gambarlah titik A(2,2), B(7,2), C(7,5) dan D(2,5) pada bidang
koordinat cartesius.
b.
Hubungkan garis dari titik A,B,C dan D.
Bangun apakah yang
terbentuk?
c. Tentukan luas daerah bangun ABCD.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan share kreasimu, wujudkan impianmu