RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Barisan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
(IPS)
Kelas/Semester : V (Lima) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 X 35 Menit
A.
STANDAR KOMPETENSI
2. Menghargai peranan
tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
B.
KOMPETENSI DASAR
2.2 Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan
Indonesia
C.
INDIKATOR
2.2.1
Menjelaskan beberapa
usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan
2.2.2
Mengidentifikasi beberapa
tokoh dalam mempersiapkan
kemerdekaan
2.2.3
Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui
metode penugasan, siswa dapat menjelaskan beberapa usaha dalam rangka
mempersiapkan kemerdekaan dengan tepat.
2.
Melalui
metode latihan, siswa dapat menjelaskan beberapa usaha dalam rangka
mempersiapkan kemerdekaan dengan tepat.
3.
Melalui
metode penugasan, siswa dapat mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan dengan benar.
4.
Melalui
metode tanya jawab, siswa
dapat menunjukkan sikap
menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan
kemerdekaan dengan
benar.
v Karakter yang di harapkan : Disiplin,
Tanggung Jawab, Kerjasama, Keberanian, Religius, Percaya Diri, Tekun.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
a. Pembentukkan
BPUPKI
Menjelang
akhir PD II, Jepang mengalami banyak kekalahan. Pada tanggal 6 dan 9 Agustus
1945 kota Hirosima dan Nagasaki dibom oleh sekutu. Pada tanggal 11 Agustus
1945, Jepang memberikan janji kemerdekaan yang disampaikan kepada tiga orang
pemimpin Indonesia, yaitu Ir.Soekarno, Drs. Moh Hatta dam Dr.Radjiman
Wedyodiningrat. Ketiganya diminta mempersiapkan kemerdekaan. Dengan janji ini
Jepang berharap, rakyat Indonesia mau membantu Jepang yang semakin terdesak dan
mengalami kekalahan dimana-mana. Dalam situasi yang semakin kritis, pada tanggal
1 Maret 1945 pemerintah pendudukan Jepang di Jawa
di bawah pimpinan Jendral Kumakici Harada mengumumkan pembentukan Badan Penyelidik
Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) atau Dokuritsu Junbi
Cosakai yang diketuai oleh Dr. Rajiman Wedyodiningrat. BPUPKI bertugas
mempelajari dan menyelidiki hal-hal penting menyangkut kehidupan politik dan
ekonomi dalam upaya pembentukan Negara Indonesia merdeka. Pengurus BPUPKI
diangkat pada 29 April 1945. Dr. Radjiman Widyodiningrat dipilih sebagai ketua BPUPKI
dan Raden Panji Suroso dipilih sebagai kepala sekretariat BPUPKI. Ir. Sukarno
termasuk salah satu anggota badan ini. Upacara peresmian BPUPKI dilaksanakan
pada 28 Mei 1945 di gedung Cuo sangi In (sekarang merupakan
gedung Departemen Luar Negeri). Sidang pertama BPUKPI dilaksanakan pada 29 Mei
– 1 Juni 1945 yang menyepakati bentuk negara republik dengan kepala negara dan
kepala pemerintahan dijawat oleh seorang presiden. Dalam rapat ini juga dibahas
dasar negara serta pembentukkan panitia yang disebut panitia sembilan yaitu
Ir.Soekarno (ketua), Drs.Moh Hatta (wakil ketua), Mr. Ahmad Soebarjo, Abdul
kahar muzakir, Abikusno Cokrosuyoso, K.H Wahid Hasyim, Moh.Yamin, Mr.A.A
Maramis, dan H.Agus Salim.
b.
Pembentukkan PPKI
Sidang
Panitia Sembilan telah berhasil merumuskan rancangan Pembukaan Undang-Undang
Dasar 1945 yang di dalamnya termuat pula dasar negara Indonesia merdeka.
Dokumen ini oleh Mr. Muh. Yamin diberi nama Piagam Jakarta atau Jakarta
Charter. Pada 7 Agustus 1945 dibentuklah Panitia Persiapan Kemerdekaan
Indonesia (PPKI) atau Dokuritsu Junbi Inkai. Tugas PPKI adalah mempersiapkan segala
sesuatu yang berhubungan dengan kemerdekaan Indonesia.
c.
Peristiwa Rengasdengklok
Golongan
tua terdiri dari Bung Karno, Bung Hatta, Ahmad Soebarjo, Dr.Radjiman dan
sebagainya. Pada tanggal 16 Agustus 1945 Bung Karno dan Bung Hatta di culik
oleh golongan muda dibawa ke Rengasdengklok. Tujuan mengamankan tokoh bangsa
dari pengaruh Jepang. Dan di rumah Laksamana Maeda di Jl.Imam Bonjol No.1
Jakarta yang aman dari Jepang sekitar 15 pemuda menuntut soekarno segera
memproklamasikan kemerdekaan pada tanggal 16 Agustus 1945. Pada pukul 02.00 WIB
malam itu diadakan rapat PPKI untuk
merumuskan teks proklamasi dan persiapan kemerdekaan Indonesia.
d.
Detik-Detik Proklamasi
Naskah
teks proklamasi yang telah disepakati dan ditandatangani oleh Ir.Soekarno dan
Moh.Hatta atas nama bangsa Indonesian diketik oleh Sayuti Melik, dan sesuai
janji Ahmad Soebarjo pada hari Jumat 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB di Jalan
Pengangsaan Timur 56 Jakarta, diadakan upacara bendera dan pembacaan teks
proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Upacara pengibaran bendera sang
merah putih yang bendera tersebut dijahit oleh Ibu Fatmawati Soekarno. Guna
mengenang jasanya maka Ir.Soekarno dan Moh.Hatta dijuluki sebagai pahlawan
proklamator.
F.
MODEL/PENDEKATAN,
dan METODE PEMBELAJARAN
Model/Pendekatan : Make A-Match
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Latihan, Penugasan
G. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAPAN
|
MUATAN
KARAKTER
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
Kegiatan Awal ± 5
menit
|
Religius, Disiplin
Religius, Disiplin
Disiplin
Tanggung Jawab
Tanggung Jawab
|
· Membiasakan
mengucap salam pada awal masuk kelas
· Memerintahkan
siswa berdo’a sebelum belajar
· Mengabsen
siswa
· Menyampaikan
tujuan pembelajaran
· Melakukan
apresepsi
|
· Menjawab
salam dari guru
· Siswa
duduk rapih dan berdo’a
· Mengangkat
tangan ketika di sebutkan namanuya
· Siswa
memperhatikan guru
· Siswa
Mendengarkan guru
|
Kegiatan Inti ±
50 Menit
Ø
Eksplorasi
|
Tanggung Jawab
Tanggung Jawab
Tanggung Jawab
Tanggung Jawab
Percaya Diri, Keberanian
Tanggung Jawab, Disiplin
Tanggung Jawab, Disiplin
|
· Menanyakan
kepada siswa tentang hal-hal seputar materi pembelajaran yaitu Usaha-usaha
persiapan kemerdekaan Indonesia
· Guru
menjelaskan seputar materi pembelajaran yaitu Usaha-usaha Persiapan
Kemerdekaan Indonesia
· Guru
bersama siswa bertanya jawab mengenai
Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia
· Guru
menyiapkan siswa untuk melakukan model pembelajaran Make A-Match, dengan di
bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok pertama sebagai penerima kartu soal
dan kelompok kedua sebagai penerima jawaban
· Guru
membagikan kartu soal dan jawaban kepada siswa
· Guru
menjelaskan langkah-langkah dalam melakukan kegiatan Make A-Match
· Guru
meminta siswa untuk mulai mencocokkan kartu soal dan jawaban yang telah
diberikan
|
·
Siswa merespon
pertanyaan dari guru
·
Siswa cermat
memperhatikan guru
·
Siswa cermat
memperhatikan guru ketika menjelaskan
· Siswa
memperhatikan guru
· Siswa
tertib ketika guru membagikan kartu soal dan jawaban
· Siswa
memperhatikan guru menerangkan
· Siswa
dengan seksama mencari pasangan kartu soal dan jawaban yang diberikan guru
|
Ø Elaborasi
|
Disiplin
Disiplin, Tekun, Kerjasama
Displin, Percaya Diri, Kerjasama
Tanggung Jawab,
Berani
Tanggung Jawab
|
·
Guru
membimbing siswa saat melakukan kegiatan Make
A-Match
·
Guru
mengontrol siswa saat melakukan kegiatan Make
A-Match
·
Guru meminta
setiap pasangan membacakan hasil kartu soal dan jawaban yang telah ditemukan
·
Guru meminta
siswa yang mendapatkan kartu ZONK dan paling lama menemukan pasangan kartu
maju kedepan kelas menyanyikan lagu “Hari Merdeka”
·
Guru meminta
siswa untuk mengerjakan LKS
|
·
Siswa
dibimbing guru saat melakukan kegiatan Make
A-Match
·
Siswa mulai menemukan
pasangan kartu soal dan jawaban
·
Siswa
membacakan hasil kartu soal dan jawaban yang telah ditemukan
·
Siswa maju
kedepan dan melakukan hukuman yang diberikan guru untuk menyanyikan lagu
“Hari Merdeka” didepan kelas
·
Siswa
mengerjakan LKS yang diberikan guru
|
Ø Konfimasi
|
Tanggung Jawab
Tanggung Jawab
Tanggung Jawab
|
· Guru
bersama siswa menyimpulkan hasil pembelajaran
· Guru
menanyakan hal-hal yang belum di mengerti siswa seputar materi pembelajaran
· Guru
meluruskan kesalahan pemahaman tantang hal-hal yang belum di ketahui siswa
|
·
Bersama
guru menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Siswa menjawab
atau bertanya mengenai materi yang belum di pahami
·
Siswa
mendengarkan guru
|
Kegiatan Penutup ± 15
Menit
|
Tanggung Jawab
Tanggung Jawab
Disiplin
Disiplin, Religius
|
· Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran
· Memberikan
penguatan kepada siswa
· Mengondisikan
siswa untuk mengakhiri pembelajaran
· Mengakhiri
pembelajaran dengan berdo’a
|
·
Memperhatikan
guru
·
Siswa
mendengarkan guru
·
Siswa
mengondisikan diri untuk mengakhiri pembelajaran
·
Siswa
mengakhiri pembelajaran dengan berdo’a
|
H.
ALAT dan SUMBER BELAJAR
Media : Gambar,
Teks proklamasi, Audio pembacaan proklamasi, Kartu soal dan jawaban
Sumber
Belajar : - Buku
Paket IPS Kelas V SD/MI. Siti Syamsiyah,dkk. Jakarta : penerbit Pusat
Perbukuaan Departemen Pendidikan Nasional. 2008 hal 90-93.
-
Buku
Paket IPS Kelas V SD/MI. Kurnia Nandar Wati, Ratih Hurriyat. Jakarta : Penerbit
CV.Habasa Jaya Pusat perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. 2009 hal 97-101.
I. PENILAIAN
HASIL BELAJAR
- Teknik Penilaian : Tugas Individu
- Prosedur Penilaian : Hasil dan Proses
- Bentuk :
Latihan soal Individu dalam bentuk kartu dan LKS
- Instrumen : Lembar Kerja Siswa (LKS)
· Format Penilaian Hasil
KKM:
No
|
Nama
Siswa
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Indikator Penilaian :
-
Jumlah
Soal 10
-
Masing-masing
jawaban benar memiliki bobot skor 10
-
Skor yang didapat
X 10
2
· Lembar Penilaian
Performen (Proses)
No
|
Nama siswa
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah skor
|
Interpretasi
|
||||||||||||||
Keaktifan
|
Pemahaman
|
ketepatan
|
||||||||||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
B
|
C
|
K
|
|||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
7
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
8
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||||
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Presentase
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||
Cara menentukan
rentang skor dari 3 aspek yang dinilai yaitu sebagai berikut:
1.
Keatifan:
1.
Berani
menjawab pertanyaan guru
2.
Berani
mengungkapkan pendapat
3.
Berani
mengajukan pertanyaan
2. Pemahaman :
1. Memahami sebagian materi yang
disampaikan
2. Memahami semua materi yang disampaikan
3. Berani memaparkan materi yang telah
disampaikan
3. Ketepatan :
1. Menjawab pertanyaan sebagian benar
2. Menjawab semua pertanyaan dengan benar
3. Menjawab pertanyaan dengan benar
disertai dengan pemahaman
A. Nilai : 3 : Apabila nampak 3 deskriptor
2
: Apabila nampak 2 deskriptor
1 : Apabila nampak 1 deskriptor
Skor ideal : 3 X 3 = 9
B.
Kriteria
interpestasi
1 – 3 = kurang ( K)
4 – 6 = Cukup ( C )
7 – 9 = Baik ( B )
Presentase = jumlah
siswa pemeroleh skor x 100
Jumlah siswa keseluruhan
Cirebon, Maret 2015
Mengetahui,
Guru Pamong/Kelas V Praktikan
Soleh, S.Pd Herawati
Nip.
19661110 199203 1 010
Kepala
Sekolah
SD
Negeri 1 Barisan
Susy Suswati Aprilia, S.Pd
Nip. 19650417 198508 2 001
Bagus, mohon ijin nyuplik ya
BalasHapusIjin minta artikelnya, terima kasih
BalasHapus