Kreasi pembelajaran Guru Masa depan
MEDIA PEMBELAJARAN
MENYENANGKAN
KELAS 4 SD
LACIKU
Langkah
Cita-citaku
“LACIKU” adalah kependekan dari Langkah
Cita-citaku, yang mana media ini merupakan media yang digunakan untuk
pembelajaran kelas 4 SD dengan tema cita-citaku. Sesuai dengan kurikulum 2013
yang berbasis pembelajaran tematik terpadu, Laciku didesain sedemikian rupa
sehingga dapat digunakan sebagai media mengajarkan beberapa mata pelajaran
dengan satu kali putaran permainan. Media ini dapat digunakan secara
individual, kelompokdi dalam kelas maupun luar kelas.
Secara fisik, media ini berbentuk balok lebar yang
dilengkapi dengan lingkaran berwarna-warni yang merupakan bagian utama dari
media, laci yang digunakan untuk menyimpan kartu-kartu, dan kaki
yang berfungsi sebagai penyangga. Media ini memiliki beberapa bagian yang
memiliki fungsi masing-masing, diantaranya :
1. Angka yang
berurutan
Angka-angka hanyalah sebagai tanda atau nomor urut
tiap-tiap pintu, sehingga anak akan mengetahui ke arah mana mereka akan
melangkah.
2. Gambar jejak
kaki
Gambar jejak kaki ini hanyalah sebagai simbol. Sesuai
dengan nama medianya, “Laciku” (Langkah cita-citaku), jejak kaki berfungsi
sebagai simbolisasi dari langkah yang siswa tempuh.
|
Dadu dan Pion Pemain
|
3. Dadu
Dadu
digunakan untuk menentukan berapa langkah pion akan berjalan. Dadu yang
digunakan ada 2 buah.
4. Pion pemain
Digunakan
untuk menandai jalannya permainan untuk masing-masing pemain.
5. Pintu cita-cita
Pintu-pintu ini berisi
gambar-gambar profesi, deskripsi dan motivasi. Ada juga beberapa pintu-pintu
kecil ini yang hanya berisi jebakan dan juga berisi “Kartu Rintangan” yang akan mendukung maupun
menghambat langkah siswa. Gambar profesi berguna untuk memberikan gambaran pada
siswa mengenai penampilan sebuah profesi tertentu secara konkrit. Gambar ini pun dapat menarik perhatian siswa sehingga akan memperluas pengetahuan mengenai beberapa
profesi yang ada.
Kartu Deskripsi
|
6. Kartu
Deskripsi
Media
pembelajaran “Laciku” dilengkapi pula dengan kartu deskripsi. Kartu
deskripsi berisi sedikit ulasan tentang profesi yang berada di masing-masing
jendela cita-cita. Kartu ini pula terdapat petunjuk mengenai keahlian yang
harus dikuasai oleh masing-masing profesi. Kartu ini disimpan di dalam laci pintar.
7. Kartu Rintangan
Kartu rintangan berisi soal-soal yang sesuai dengan mata
pelajaran yang mendukung suatu profesi tertentu. Misalnya kita ambil contoh
seorang pilot, sebagai seorang pilot harus pandai dengan pelajaran matematika,
maka diberikan soal matematika di dalamnya. Jika
siswa menjawab soal dengan benar, maka ia berhak untuk maju 2 langkah. Namun,
jika siswa salah menjawabnya maka ia harus mundur 1 langkah sesuai dengan
peraturan. Kedua hal tersebut mengajarkan pada siswa, bahwa untuk mencapai
suatu tujuan, akan dihadapkan dengan berbagai rintangan yang akan mendukung
maupun menghambat kita dalam mencapainya. Namun, bagaimanapun rintangan yang
dihadapi kita harus tetap semangatdan pantang menyerah untukmencapai tujuan
tersebut.
8. Aturan
Permainan
Aturan permainan berisi peraturan yang berlaku ketika
siswa menjalankan pemainan. Peraturan ini harus dibaca dan dipatuhi oleh
pemainnya.
9. Laci Pintar
Laci ini digunakan untuk menyimpan kartu rintangan, kartu
deskripsi, aturan pemainanserta
perangkat-perangkat media lainnya.
B. Aturan
Permainan
1.
Letakkan pionmu masing-masing di luar
lingkaran.
2.
Adu
kekuatanmu dengan melempar dadu. Yang mendapat angka terbesar, dialah yang akan
main urutan pertama dan seterusnya!
3.
Pemain
pertama, sekarang giliranmu. Ayo lempar dadu dan berjalanlah melewati
pintu-pintu itu!
4.
Bukalah pintu cita-cita tempatmu berhenti, lihat gambar apa yang ada di dalamnya!
a. Jika kamu
mendapatkan pintu dengan gambar suatu profesi tertentu, maka carilah kartu
deskripsi yang bertuliskan sesuai dengan nama profesi yang terlihat! Bacalahdeskripsinya
biar kamu lebih keren dan pandai!
b. Jika kamu
mendapatkan pintu rintangan, carilah kartu rintangan dan jawablah pertanyaan yang ada di dalamnya ! Jika kamu menjawab pertanyaannya dengan benar maka
kamu berhak untuk maju 2 langkah tanpa melempar dadu, namun jika kamu salah,
kamu harus mundur 1 langkah.
c. Jika kamu
mendapatkan pintu “zonk”, maka kamu harus mengikuti
intruksi yang ada di dalam pintu tersebut.
Ayo segera capai finish dan kamu akan kaya! Kaya pengetahuan
tentang berbagai profesi dan kamu tidak akan ragu lagi untuk menggapai
cita-cita. Jangan pernah menyerah dan tetaplah berusaha!
Temukan lebih banyak lagi kreasi untuk pembelajaran, agar kita disenangi oleh siswa, dikangenin, dan ditunggu-tunggu aktivitasnya.
PokerStars - Gaming & Slots at Aprcasino
BalasHapusJoin the fun at Aprcasino หารายได้เสริม and casino-roll.com play the best goyangfc of the apr casino best PokerStars casino games including Slots, Blackjack, 바카라사이트 Roulette, Video Poker and more!